MEMBANGUN PROFESIONALISME DI DUNIA KERJA

Siapa bilang Sarjana Teknik tidak bisa bekerja di sebuah Bank yang mayoritas pegawai sampai petinggi sebuah Bank mayoritas dari Sarjana Manajemen, Akutansi, dan lain lain?.
Disini saya akan menceritakan sedikit profil tentang seorang Sarjana Teknik Kimia yang sekarang menjabat sebagai Branch Manager PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang bernama Suhartono ST, MM.

Berikut pengalaman Beliau saat pertama masuk ke dunia perbankan.
1.      Sebagai Analis Kredit :
·         Belajar (kembali) menganalisis Neraca / Rugi Laba Perusahaan.
·         Belajar aspek pemasaran
·         Belajar dan memahami Akutansi dan Laba / Rugi Bank.
·         Belajar aspek hukum dan perjanjian.
·         Belajar mengenai ATM dan Teknologi Perbankan.
·         Belajar mengenai Inovasi.
·         Belajar memahami rekan kerja dan atasan.
·         Belajar Mengolah data.
·         Belajar membuat surat dan menulis.
2.      Sebagai Supervisor dan Credit Risk :
·         Belajar mengelola anak buah.
·         Belajar mengelola stress.
·         Belajar presentasi.
·         Belajar berdiskusi.
·         Belajar berbicara di depan umum.
·         Belajar mengelola keuangan rumah tangga.
·         Belajar mengenal organisasi perusahan.
·         Belajar mengenal intrik dalam perusahaan.
3.      Sebagai Manajer Logistik dan Teknologi
·         Belajar mengenai proses pengadaan : Kontraktor, konsultan, jenis pengadaan, kewenangan memutus, dan lain lain.
·         Belajar mengenai Corporate Identity.
·         Belajar infrastruktur teknologi perbankan.
4.      Sebagai Sub Branch Manager :
·         Belajar (kembali) mengenai aktivitas operasional perbankan.
·         Belajar mengenai Standar Layanan.
·         Belajar menerapkan Corporate Identity.
·         Belajar mengelola Supervisor dan pegawai di bawahnya.
5.      Sebagai Branch Manager :
·         Belajar mengelola Manager, Supervisor dan pegawai.
·         Belajar mengelola bisnis perusahaan agar mencapai target.
·         Belajar mengelola SDM.
·         Belajar memotivasi pegawai.
·         Belajar memutus.
·         Belajar mengatur ritme pekerjaan anak buah.
·         Belajar mempertanggung jawabkan hasil kepada atasan.

Setelah kita melihat pengalaman-pengalaman Beliau pada saat kerja di bank, ternyata yang beliau lakukan sehingga bisa menjadi Branch Manager seperti sekarang yaitu belajar, belajar dan belajar. Meskipun dari lulusan Teknik, bukan berarti kita tidak bisa bekerja diluar jurusan yang kita ambil pada saat kuliah. Selama kita mau mempelajari hal yang baru, tidak tidak ada yang tidak mungkin bagi kita untuk didapat. Jurusan pada saat kuliah tidak bisa kita jadikan sebagai patokan dimana kita nanti bekerja.

Pesan-pesan Beliau pada saat bekerja di bank :
1.      Sambil bekerja, tidak berhenti belajar.
2.      Hanya yang mau dan bisa belajar yang akan survive.
3.      Tidak ada orang yang ahli, yang ada adalah orang tahu terlebih dahulu.
4.      Ilmu perbankan bisa dikuasai oleh seorang Insinyur Kimia.


Tak hanya itu, Beliau juga meraih banyak prestasi selama berkarir di BNI, diantaranya sebagai berikut :
1.      Menjadi tim inti sebagai Juara Harapan II Gugus Kendali Mutu (GKM) BNI Tingkat Nasional, Tahun 1999. Penyelenggara BNI-LPN : Aplikasi Integrated Cash Collateral Credit.
·         Membuat formulir aplikasi cash collateral credit (C3) yang sebelumnya manual menjadi integrated dari formulir permohonan kredit sampai dengan administrasi kredit.
·         Nilai tambah : Proses pemberian kredit C3 menjadi lebih cepat dimana sebelumnya 1 hari menjadi cukup 2 jam serta terhindar dari kesalahan penulisan data dalam proses pemberian kredit.

2.      Tahun 2000 : Menemukan cara mencari selisih kas ATM.
·         Pada saat itu, disamping menjadi Penyelia Pemasaran Bisnis, juga diserahi tugas melakukan restocking ATM.
·         Masalahnya, rata-rata setiap 3 kali restocking kas ATM terjadi selisih kas ATM 1 kali @Rp. 50.000,- / ATM.
·         Dengan diketemukannya cara mencari selisih kas ATM yang akurat, maka petugas ATM tidak lagi khawatir saat restocking kas ATM.
·         Dengan diketemukannya cara mencari selisih kas ATM tersebut, maka dapat menyelamatkan potensi kerugian Bank BNI Milyaran rupiah, karena selisih disebabkan reversal transaksi yang sebenarnya sukses.

3.      Juara I Innovation Reward pada Juli 2002, disampaikan langsung oleh Direktur Utama BNI. Penghargaan dengan No. : In.R/001/2002 mengenai Payroll System.
·         Menemukan cara menginput payroll secara otomatis apapun jenis file yang dimiliki perusahaan.
·         Nilai tambah : mempercepat proses pembayaran gaji, menghemat tenaga dan waktu serta berperan positif terhadap peningkatan bisnis Bank BNI baik funding maupun lending.

4.      Juara II Lomba Opini pada Jul 2005 disampaikan oleh Divisi KMP dengan judul Sistem Informasi Produk dan Jasa BNI dalam format Web.
·         Mendesign Sistem Informasi Produk dan Jasa BNI dalam format Web. Seluruh penjelasan produk BNI berikut tarif, simulasi dan formulir ditampilkan dalam halaman web.
·         Mendapat penghargaan Juara II pada Lomba Opini yang diselenggarakan BNI Divisi Komunikasi Perusahaan.
·         Nilai tambah : membantu Marketting dan Customer Service BNI mempermudah memahami dan menjelaskan product knowledge kepada nasabah karena produk BNI sudah tidak mungkin dihapal diluar kepala secara detail.

5.      Juara II Margono Award, pada Jul 2007 disampaikan oleh Manajemen BNI, dengan judul Efisiensi dan efektifitas komunikasi via email.
·         Berhasil mengubah budaya pengiriman surat di lingkungan BNI Kantor Wilayah Denpasar dan seluruh cabangnya yang sebelumnya menggunakan kurir dan facsimile, menjadi menggunakan e-mail melalui scanning file ke format “pdf”.
·         Nilai tambah : Efisiensi biaya telepon / facsimile Rp. 400 juta / tahun dan sejak tahun 2007, berkas di BNI Wilayah Denpasar tersimpan dalam format digital (pdf), sehingga sangat memudahkan untuk mencari file setiap saat.

6.      Tahun 2007 : memperkenalkan aplikasi chatting dan pengiriman file antar PC dalam jaringan LAN : MsgPopUp, ke segenap kantor Cabang dan di lingkungan Kantor Wilayah Denpasar.
·         Konsep surat / nota intern tidak perlu dicetak, namun cukup dikirim antar PC menggunakan aplikasi tersebut.
·         Aplikasi tersebut juga sangat berguna di Cabang untuk komunikasi antar unit, termasuk untuk keperluan transaksi payroll di cabang, dimana file payroll dari unit Curtomer Service setelah diolah, dikirim via aplikasi tersebut ke PC teller untuk dilakukan upload ke sistem Bank.
·         Nilai tambah : hemat kertas, tinta, waktu dan sangat praktis untuk bertukar file antar PC.

7.      Tahun 2008 : Men-design dan mengimplementasikan Forex Board TV LCD.
·         TV LCD yang disamping menyiarkan acara TV / Video, juga dipergunakan sekaligus untuk menampilkan rate Bank BNI, iklan produk BNI dan informasi lainnya pada running text.
·         Nilai tambah : lebih murah, tampilan rate papan bank lebih modern, praktis dan sekaligus iklan / informasi kepada nasabah dapat dilakukan bersamaan.

8.      No. LPN/3.5/3019 tanggal 7 Juli 2010 : Peringkat I / reward I untuk penulisan artikel Knowme, sebagai best kontributor yang berhasil mencapai point perolehan tertinggi sampai dengan Sem I / 2010. Diselenggarakan oleh Divisi Pendidikan dan Pelatihan.

9.      Surat No. ONL/2.3/159 Tanggal 13 Januari 2012 : The Best Contributor untuk artikel  Pandion : Instan Messager Gratis Antar Cabangpada artikel portal Knowledge Management yang ditayangkan pada periode 1 Juli 2010 – 31 Desember 2011. Mendapatkan hadiah iPad 2.

10.  Juara Hiburan II Lomba Penulisan artikel BNI Inspirasi Pegawai, disampaikan oleh Manajemen BNI, dengan judul artikelPengabdian Tak Kenal Lelah”. Artikel lengkapnya ada di http://tinyurl.com/Pengabdian-tak-Lelah

11.  The Best Contributor BNI Knowledge Management Portal, pada Feb 2013  oleh BNI Divisi Organizational Learning, dengan judul : artikel "Aplikasi Transfer Kliring Kolektif". Berdasarkan surat No. : ONL / 2.3 / 352 tanggal 7 Februari 2013. Mendapatkan hadiah Galaxy Note II.

12.  Satu dari 7 Artikel Terbaik Lomba Opini GCG dan Kode Etik BNI, Jun 2014  disampaikan oleh Divisi KMP. Dengan judul “GCG di Bidang SDM : Tata Cara Pemilihan Kandidat untuk Mewujudkan Asas Kepatuhan dan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik”. Berdasarkan Memo No.KMP/7/1358 tanggal 10 Juni 2014.

13.  The Best K-Store Contributor 2015 - Knowledge Management Portal. Pada Jan 2016  disampaikan oleh Organizational Learning Division. The Best Contributor untuk artikel : "Bunga Rampai Aktivitas Kantor : Tips agar terhindar dari celaka." Berdasarkan surat No. : ONL / 2.4 / 612 tanggal 29 Jan 2016.

14.  Winner of K-Store Best Contributor (Jan-Jun 2016). Pada Sep 2016, disampaikan oleh Organizational Learning Division. Berdasarkan Surat No. : ONL / 2.4 / 5083 tanggal 21 Sep 2016.

15.  Satu-satunya Branch Manager diantara Gen-Y yang menjadi Finalis Binnova 2016 dengan judulPenarikan Uang Tunai di ATM Tanpa Kartu ATM”. Meskipun menjadi bagian dari ide grup, ide dan file presentasi, saya yang membuatnya sbb. : http://tinyurl.com/Binova2016-SBW

16.  Bisa dan hobi menulis. Tulisan bisa dilihat di link ini : https://keluargautama.wordpress.com
Hingga saat ini, telah menulis 119 artikel di blog tersebut. Sampai dengan 15 Okt 2017, blog telah dilihat oleh 271.401 orang dan dikunjungi oleh 169.508 orang.

17.     Kemampuan dalam menulis tersebut, diimplementasikan di kantor dengan membuat ringkasan BNI Forum setiap hari dan dishare di grup WA Pemimpin Cabang di seluruh Indonesia.

18.  Membuat Google Form untuk keperluan survey internal BNI Sumbawa Besar sbb. :
·         Survey Kandidat Penyelia
·         Survey Pe-ranking-an Calon ODP 2017
·         Survey Peserta Public Training penggunaan anggaran BLW.
·         Formulir Referral KUR
·         Formulir Aspirasi Anggota Serikat Pekerja
·         Survey Pemilihan Pegawai Terbaik

Itulah sekilas profile tentang Bapak Suhartono seorang lulusan Teknik yang sekarang menjabat sebagai Branch Manager PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk cabang Sumbawa Besar.

Terimakasih, semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN

Mengenal Mineral Mangan (Mn) Sumbawa : Potensi dan Manfaatnya dalam Aplikasi di Bidang Industri

SINTESIS DAN KARAKTERISASI SILIKA NANOPARTIKEL DENGAN METODE SOL-GEL DARI PASIR KUARSA BELITUNG