MEMBANGUN PROFESIONALISME DI DUNIA KERJA
Siapa bilang Sarjana Teknik tidak bisa bekerja
di sebuah Bank yang mayoritas
pegawai sampai petinggi sebuah Bank mayoritas dari Sarjana Manajemen, Akutansi, dan lain lain?.
Disini saya akan
menceritakan sedikit profil tentang seorang Sarjana Teknik Kimia yang sekarang menjabat sebagai Branch Manager
PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang bernama Suhartono ST, MM.
Berikut pengalaman Beliau saat pertama
masuk ke dunia perbankan.
1.
Sebagai Analis Kredit :
·
Belajar (kembali) menganalisis Neraca / Rugi Laba Perusahaan.
·
Belajar aspek pemasaran
·
Belajar dan memahami
Akutansi dan Laba / Rugi Bank.
·
Belajar aspek hukum
dan perjanjian.
·
Belajar mengenai ATM dan Teknologi Perbankan.
·
Belajar mengenai Inovasi.
·
Belajar memahami rekan kerja dan
atasan.
·
Belajar Mengolah data.
·
Belajar membuat surat dan
menulis.
2.
Sebagai Supervisor dan Credit Risk :
·
Belajar mengelola anak buah.
·
Belajar mengelola stress.
·
Belajar presentasi.
·
Belajar berdiskusi.
·
Belajar berbicara di depan umum.
·
Belajar mengelola keuangan rumah tangga.
·
Belajar mengenal organisasi perusahan.
·
Belajar mengenal intrik dalam perusahaan.
3.
Sebagai Manajer Logistik dan Teknologi
·
Belajar mengenai proses pengadaan :
Kontraktor, konsultan, jenis pengadaan, kewenangan memutus, dan lain lain.
·
Belajar mengenai Corporate Identity.
·
Belajar infrastruktur teknologi perbankan.
4.
Sebagai Sub Branch
Manager :
·
Belajar (kembali) mengenai aktivitas operasional perbankan.
·
Belajar mengenai Standar Layanan.
·
Belajar menerapkan Corporate Identity.
·
Belajar mengelola Supervisor dan pegawai di bawahnya.
5.
Sebagai Branch Manager
:
·
Belajar mengelola Manager,
Supervisor dan pegawai.
·
Belajar mengelola bisnis perusahaan agar mencapai target.
·
Belajar mengelola SDM.
·
Belajar memotivasi pegawai.
·
Belajar memutus.
·
Belajar mengatur ritme pekerjaan anak buah.
·
Belajar mempertanggung jawabkan hasil kepada atasan.
Setelah kita melihat
pengalaman-pengalaman Beliau
pada saat kerja di bank, ternyata yang beliau lakukan sehingga bisa menjadi
Branch Manager seperti sekarang yaitu belajar, belajar dan belajar. Meskipun dari
lulusan Teknik, bukan berarti kita
tidak bisa bekerja diluar jurusan yang kita ambil pada saat
kuliah. Selama kita mau mempelajari hal yang baru, tidak tidak
ada yang tidak mungkin bagi kita
untuk didapat. Jurusan pada saat kuliah
tidak bisa kita jadikan sebagai
patokan dimana kita nanti bekerja.
Pesan-pesan Beliau pada saat
bekerja di bank :
1.
Sambil bekerja, tidak berhenti belajar.
2.
Hanya yang mau dan bisa
belajar yang akan
survive.
3.
Tidak ada orang yang ahli, yang ada adalah orang tahu terlebih dahulu.
4.
Ilmu perbankan bisa dikuasai oleh seorang
Insinyur Kimia.
Tak hanya itu,
Beliau juga meraih banyak prestasi
selama berkarir di BNI, diantaranya sebagai berikut :
1.
Menjadi tim inti
sebagai Juara Harapan II Gugus Kendali Mutu (GKM) BNI Tingkat Nasional, Tahun 1999. Penyelenggara BNI-LPN : Aplikasi Integrated Cash Collateral Credit.
·
Membuat formulir aplikasi cash collateral credit (C3) yang sebelumnya manual menjadi
integrated dari formulir permohonan kredit sampai dengan administrasi
kredit.
·
Nilai tambah : Proses pemberian kredit C3 menjadi lebih cepat dimana
sebelumnya 1 hari menjadi cukup 2 jam serta terhindar dari kesalahan penulisan data dalam proses pemberian kredit.
2.
Tahun 2000 : Menemukan cara mencari selisih
kas ATM.
·
Pada saat itu,
disamping menjadi Penyelia Pemasaran Bisnis, juga diserahi
tugas melakukan restocking
ATM.
·
Masalahnya, rata-rata setiap 3 kali
restocking kas ATM terjadi selisih kas ATM 1 kali @Rp. 50.000,- / ATM.
·
Dengan diketemukannya cara mencari
selisih kas ATM yang akurat, maka petugas
ATM tidak lagi khawatir saat restocking kas ATM.
·
Dengan diketemukannya cara mencari
selisih kas ATM tersebut, maka dapat menyelamatkan potensi kerugian Bank BNI Milyaran rupiah, karena selisih disebabkan reversal transaksi yang sebenarnya sukses.
3.
Juara I Innovation
Reward pada Juli 2002, disampaikan langsung oleh Direktur Utama
BNI. Penghargaan dengan No.
: In.R/001/2002 mengenai Payroll System.
·
Menemukan cara
menginput payroll secara otomatis apapun jenis file yang dimiliki perusahaan.
·
Nilai tambah : mempercepat proses pembayaran gaji, menghemat tenaga dan waktu serta
berperan positif terhadap peningkatan bisnis Bank BNI baik funding maupun lending.
4.
Juara II Lomba Opini pada
Jul 2005 disampaikan oleh Divisi KMP dengan judul Sistem Informasi
Produk dan Jasa BNI dalam format Web.
·
Mendesign Sistem Informasi Produk dan Jasa
BNI dalam format Web. Seluruh
penjelasan produk BNI berikut tarif, simulasi dan formulir
ditampilkan dalam halaman web.
·
Mendapat penghargaan Juara II pada Lomba Opini
yang diselenggarakan BNI Divisi
Komunikasi Perusahaan.
·
Nilai tambah : membantu Marketting dan Customer Service BNI mempermudah
memahami dan menjelaskan product knowledge kepada
nasabah karena produk BNI sudah tidak mungkin dihapal
diluar kepala secara detail.
5.
Juara II Margono Award, pada Jul 2007 disampaikan oleh Manajemen BNI, dengan judul Efisiensi dan efektifitas komunikasi via email.
·
Berhasil mengubah budaya pengiriman surat di lingkungan
BNI Kantor Wilayah Denpasar dan seluruh
cabangnya yang sebelumnya menggunakan kurir dan facsimile, menjadi menggunakan e-mail melalui
scanning file ke format “pdf”.
·
Nilai tambah : Efisiensi biaya telepon / facsimile Rp. 400 juta / tahun dan
sejak tahun 2007, berkas di BNI Wilayah Denpasar tersimpan
dalam format digital (pdf),
sehingga sangat memudahkan untuk mencari file setiap saat.
6.
Tahun 2007 : memperkenalkan aplikasi chatting dan pengiriman file antar PC dalam jaringan LAN : MsgPopUp, ke segenap
kantor Cabang dan di lingkungan Kantor Wilayah
Denpasar.
·
Konsep surat
/ nota intern tidak perlu dicetak, namun cukup dikirim antar
PC menggunakan aplikasi tersebut.
·
Aplikasi tersebut juga sangat berguna
di Cabang untuk komunikasi antar unit, termasuk untuk keperluan transaksi payroll di cabang, dimana file payroll dari unit Curtomer Service setelah diolah, dikirim via aplikasi tersebut ke PC teller untuk dilakukan upload ke sistem Bank.
·
Nilai tambah : hemat kertas,
tinta, waktu dan sangat praktis
untuk bertukar file antar PC.
7.
Tahun 2008 : Men-design dan mengimplementasikan Forex Board
TV LCD.
·
TV LCD yang disamping menyiarkan acara TV / Video, juga dipergunakan sekaligus untuk menampilkan rate Bank BNI, iklan produk BNI dan informasi lainnya
pada running text.
·
Nilai tambah : lebih murah,
tampilan rate papan bank lebih modern, praktis dan sekaligus iklan
/ informasi kepada nasabah dapat dilakukan
bersamaan.
8.
No. LPN/3.5/3019 tanggal 7
Juli 2010 : Peringkat I / reward I untuk penulisan artikel Knowme, sebagai best kontributor yang berhasil mencapai point perolehan tertinggi sampai dengan Sem I / 2010. Diselenggarakan oleh Divisi Pendidikan dan Pelatihan.
9.
Surat No. ONL/2.3/159
Tanggal 13 Januari 2012 : The Best Contributor untuk artikel “Pandion : Instan Messager Gratis Antar Cabang” pada artikel
portal Knowledge Management yang ditayangkan pada periode 1 Juli 2010 – 31 Desember 2011. Mendapatkan hadiah iPad 2.
10.
Juara Hiburan II Lomba Penulisan artikel BNI Inspirasi Pegawai, disampaikan oleh Manajemen BNI, dengan judul artikel “Pengabdian Tak Kenal Lelah”. Artikel
lengkapnya ada di http://tinyurl.com/Pengabdian-tak-Lelah
11.
The Best Contributor BNI Knowledge Management
Portal, pada Feb 2013 oleh BNI Divisi Organizational Learning, dengan
judul : artikel "Aplikasi Transfer Kliring Kolektif". Berdasarkan surat No. : ONL / 2.3 / 352 tanggal 7 Februari
2013. Mendapatkan hadiah
Galaxy Note II.
12.
Satu dari 7 Artikel Terbaik Lomba Opini
GCG dan Kode Etik BNI, Jun 2014 disampaikan oleh Divisi KMP. Dengan judul “GCG di Bidang SDM : Tata Cara Pemilihan Kandidat untuk Mewujudkan Asas Kepatuhan dan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik”. Berdasarkan Memo No.KMP/7/1358 tanggal 10 Juni 2014.
13.
The Best K-Store Contributor 2015 - Knowledge
Management Portal. Pada Jan 2016 disampaikan oleh Organizational Learning Division. The Best Contributor
untuk artikel : "Bunga Rampai
Aktivitas Kantor : Tips agar terhindar
dari celaka." Berdasarkan surat
No. : ONL / 2.4 / 612 tanggal 29
Jan 2016.
14.
Winner of K-Store Best Contributor (Jan-Jun 2016). Pada Sep 2016, disampaikan oleh Organizational Learning Division. Berdasarkan
Surat No. : ONL / 2.4 / 5083 tanggal
21 Sep 2016.
15.
Satu-satunya Branch Manager diantara Gen-Y yang menjadi Finalis Binnova 2016 dengan judul “Penarikan Uang Tunai di ATM Tanpa Kartu ATM”. Meskipun menjadi bagian dari ide grup, ide dan file presentasi, saya yang membuatnya sbb. : http://tinyurl.com/Binova2016-SBW
Hingga
saat ini, telah menulis 119 artikel di blog tersebut. Sampai dengan 15 Okt 2017, blog telah dilihat oleh
271.401 orang dan dikunjungi
oleh 169.508 orang.
17.
Kemampuan dalam menulis tersebut,
diimplementasikan di kantor dengan membuat ringkasan BNI Forum setiap hari dan
dishare di grup WA Pemimpin Cabang di seluruh Indonesia.
18.
Membuat Google Form untuk keperluan survey internal
BNI Sumbawa Besar sbb. :
·
Survey Kandidat Penyelia
·
Survey Pe-ranking-an Calon ODP 2017
·
Survey Peserta Public Training penggunaan
anggaran BLW.
·
Formulir Referral KUR
·
Formulir Aspirasi Anggota Serikat Pekerja
·
Survey Pemilihan Pegawai Terbaik
Itulah sekilas profile tentang Bapak Suhartono
seorang lulusan Teknik yang sekarang menjabat sebagai Branch Manager
PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk cabang Sumbawa Besar.
Terimakasih, semoga bermanfaat.
Comments
Post a Comment